Senin, 04 Juli 2011

GALUNGAN&KUNINGAN

Hari raya Galungan dan Kuningan adalah salah satu hari raya besar yang diperingati di Bali, Hari raya Galungan dan Kuningan ini sendiri diperingati setiap 6 bulan sekali dalam tanggalan Bali (dalam 1 bulan ada 35 hari ) dan untuk Galungan sendiri tepat jatuh pada Buda Kliwon wuku Dungulan , sedangkan untuk Kuningan jatuh pada Saniscara kliwon wuku kuningan.
Hari raya Galungan dan kuningan secara keseluruhan mempunyai makna kemenangan suci antara Dharma melawan Adharma, yang mana arti dari semua itu sangat luas dan perlu perenungan di dalam diri sendiri, dimana Dharma ( kebaikan ) dan Adharma ( Keburukan ) itu pada awalnya ada di dalam diri kita,jadi kemenangan ini di simboliskan dengan beberapa urutan upacara sebelum mencapai Galungan.
IMG_0013Enam hari sebelum Galungan, diadakan uapacara Sugian Jawa yang mempeunyai makna untuk pembersihan diri dalam menyambut Galungan, selanjutnya Sugian Bali yang maknanya sama dengan sugian jawa.  Kemudian dua hari sebelum hari Galungan ada hari yang dinamakan Penyajaan Galungan ( bikin jajan dan alat upacara lainnya ).Di hari ini kita di latih kesabaran dan tulus iklas untuk mempersiapkan alat-alat upacara (sesajen) yang akan di persembahkan kehadapan Ida  Sang  Hyang Widhi Waca (Tuhan yang Maha Esa)sebagai rasa bhakti kepadaNya. 18092009182 
selanjutnya adalah Penampahan galungan yaitu adalah hari dimana semua umat hindu melakukan pemotongan hewan, terutama hewan babi. Daging hasil pemotongan ini dimasak pada hari ini, ada yang membuat sate galungan, sate calon, tum, dan lawar galungan, semuanya adalah masakan yang sarat makna dan kmemiliki fungsi sebagai sarana upacara Galungan.
PIC_0364 
Disaat puncak hari raya Galungan semua umat melakukan persembahyangan, mulai dari rumah sendiri sampai dengan Pura-pura Sad Kahyangan di Bali, di hari Galungan ini semua umat melakukan persembahyangan seraya memohon kedamaian dan kebahagiaan lahir batin. Keesokan harinya adalah hari raya manis galungan yang juga sama masih dalam nuansa persembahyangan, namun dibarengi dengan nuansa santai, karena biasanya jaman dahulu, kalau manis galungan adalah hari dimana umat bisa bepergian ke tempat-tempat rekreasi yang ada disekitar lingkungan tempat tinggalnya, atau ada juga yang mengunjungi kolega dan sahabat terdekat untuk bersilaturahmi.

1 komentar:

  1. Titanium Ring for Men - Tee Men - Tioga Arts
    Teton - The Teton and Teton are among micro touch titanium trim where to buy the most titanium eyeglasses iconic and titanium pickaxe terraria sought after brands in the gaming citizen eco drive titanium watch industry. Made by Teton, the Teton and Teton  Rating: 4.7 · ‎9 reviews · ‎$9.00 · ‎In stock oakley titanium glasses

    BalasHapus